Selasa, 10 Januari 2012

Mineral Hornblende

MINERAL HORNBLENDE

Istilah hornblende berasal dari bahasa Jerman; Horn (tanduk) dan Blender (Blender = bersinar) dan mengacu pada kecerahan mineral. Mineral hornblende termasuk dalam mineral silikat dan mineral ferromagnesium. hornblende adalah nama dari kelompok mineral silikat atau aluminosilikat. Mempunyai rumus umum adalah (Na, Ca)2-3(Mg, Fe, Al)5(Al, Si)8O22(OH)2.
    Amphibole adalah kelompok mineral silikat yang berbentuk prismatik atau kristal yang menyerupai jarum. Mineral amphibole umumnya mengandung besi (Fe), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), dan Alumunium (Al), Silika (Si), dan Oksigen (O). Hornblende tampak pada foto yang berwarna hijau tua kehitaman. Mineral ini banyak dijumpai pada berbagai jenis batuan beku dan batuan metamorf.
KARAKTERISTIK FISIK MINERAL

Warna segar                            : hitam sampai hijau gelap.
Warna lapuk                            : hitam putih
Golongan/klas                         :  Silikat
Subclass                                  : Inosilicates
Group                                      : amphibole
kilap                                        : kaca
derajat ket
ransparanan            : umumnya opaque mineral tapi jika dalam bentuk lembaran tipis             atau pada mineral tertentu dapat tembus cahaya/ transparant mineral.
Sistem kristal                           : monoklin
perawakan Kristal                   : G
ranular (membutir), masif (agregat besar) dan kadang-kadang acicular (menjarum).
Belahan                                   : imperfect (tidak sempurna) dalam dua arah pada 560 dan 1240.
Pecahan                                   :
tidak merata (uneven).
Kekerasan                               : 5 – 6 Skala Mohs.
Berat Jenis                               : 2,9-3,4 gr/cm3 (agak di atas rata-rata untuk mineral tembus)
Goresan                                   :
coklat sampai abu-abu
Genesa                                                : Terbentuk karena proses pembekuan magma pada suhu sekitar 7000C-6000C. Merupakan mineral penting dan penyebarannya luas dan mineral pembentuk batuan pada batuan beku seperti             diorit,gabbro,basalt,pada betuan metamorf seperti pada hornblendite.

            Hornblende adalah konstituen batuan beku yang umum gelap atau plutonik. Kadang-kadang bentuk massa schistose dikenal sebagai sekis hornblende amphibolite atau yang terdiri dari hitam, tipis, kristal paralel. Amphibole juga umumnya bentuk dengan perubahan pseudomorphic dari pyroxenes dalam tahap akhir dari pendinginan batuan beku, ketika mineral hornblende tersebut mungkin terkena air panas. Butir amphibole berserat yang biasa terlihat dalam bentuk piroksen-sugestif di bagian tipis batuan.m mineral hornblende   ditemukan di Franklin, New Jersey, tertanam dalam kalsit. Kristal besar serupa ditemukan di St Lawrence Co, New York, dan Renfrew Co, Ontario, di mana di pegmatities carbonatite mereka mencapai dimensi raksasa. Kristal kuning kecil dapat dilihat dalam bom Vesuvius dan di Murcia, Spanyol, volkanik.

1 komentar:

  1. Mr. Gambling - Dr. Dr. Gary C. Gamble - Dr. Gary C. Gamble
    Dr. Gary Gambling. Dr. 수원 출장샵 Gamble. 양산 출장샵 Dr. Gary C. Gamble. 포천 출장샵 Mr. Gary C. Gamble. Dr. Gary C. Gamble. Dr. Gary C. Gamble. Dr. Gary C. 안산 출장샵 Gamble. Dr. Gary 전주 출장마사지 C. Gamble.

    BalasHapus